Minggu, 20 Juni 2010

Makanan Sehat Untuk Kulit Cantik



-->Terlalu sering berada di bawah terik mataharai terbukti bisa mempercepat proses penuaan kulit. Meski menggunakan tabir surya mampu menghalau proses penuaan, namun beberapa ahli kulit tidak merekomendasikannya dengan alasan memiliki banyak efek samping negatif. Ahli kulit justru menyarakan agar mengosumsi makanan sehat untuk menjaga kulit tetap awet muda.
Makanan yang mengandung banyak kolagen, protein dan fibrosa sangat dianjurkan untuk menjaga kecantikan kulit. Untuk itu, berikut beberapa makanan pencegah keriput yang harus Anda konsumsi mulai saat ini seperti dikutip dari Shineyahoo.Com.
  • Stroberi
Makanan yang kaya akan vitamin C seperti stroberi, dapat membantu mencegah keriput dan kekeringan yang terkait dengan usia. Khasiat stroberi pun telah diuji melalui penelitian tahun 2007 di American Journal of Clinical Nutrition. Vitamin C memiliki efek menghaluskan kulit dan mampu menghentikan radikal bebas yang dihasilkan dari sinar ultraviolet dan juga perannya dalam sintesis kolagen.
Vitamin C sangat penting untuk produksi kolagen, Anda dapat menemukan vitamin C dalam banyak kosmetik, namun akan lebih baik lagi jika Anda langsung mendapatkan khasiat vitamin C melalui bahan alami seperti buah dan syur. Selain stroberi, pepaya, brokoli, dan jeruk merupakan sumber vitamin C yang sangat baik.
  • Tomat
Rona merah tomat berasal dari lycopene, suatu karotenoid yang dapat membantu menjaga kulit Anda tetap halus. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2008 di European Journal of farmasi dan Biopharmaceutics, peneliti menemukan bahwa dari 20 orang yang diteliti, mereka yang mengonsumsi makanan mengandung tinggi lycopene memiliki kulit halus.
Tingkatkan asupan asupan lycopene Anda mulai saat ini. Saat musim panas semangka dan wortel juga bisa dikonsumsi sebagai makanan kulit yang sehat.
  • Tahu
Tahu dan soyfoods lainnya, seperti edamame dan susu kedelai, dapat membantu melestarikan firming kulit kolagen karena mereka kaya akan isoflavon.
Dalam penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition, tikus yang mengonsumsi isoflavon dan terkena radiasi ultraviolet memiliki lebih sedikit keriput dan kulit lebih halus daripada tikus yang terkena sinar UV tetapi tidak mendapatkan isoflavon. Para peneliti percaya bahwa isoflavon membantu mencegah kerusakan kolagen.
  • Tuna
Mengonsumsi ikan yang mengandung omega-3 seperti tuna, salmon, sarden dan ikan trout dapat membantu menjaga kulit tetap sehat. Manfaat omega-3 EPA lemak (asam eicosapentaenoic) telah ditunjukkan mampu mempertahankan kolagen.

2 komentar:

Terima kasih kunjungannya, Mohon beri masukan untuk postingannya ya...^^